Kami Melayani :

1.Kursus Pembuatan Video Telp : 081314503289
2.Tutorial Video, Editing Video
3.Video shooting: Perkawinan,Ulang Tahun,Khitan, Wisuda,dll


Saturday, October 30, 2010

Cara Burning Video

Agar  hasil rekaman video tidak hilang dan bisa di play pada media player yang lain maka perlu di pindahkan ke media yang lain seperti Soft file,CD,DVD dan lain lain.Namun sebelum anda memindahkan ke media yang lain yang bersifat permanent saya sarankan videonya untuk di edit lebih dahulu.Tujuannya editing video agar lebih bagus jika di putar/play dan di lihat suatu saat.Di blog ini telah ada juga tulisan tetang software editing video.

  Kenangan yang terekam jika di burning akan bisa di simpan dan mengingat kepada kita tentang masa masa indah di waktu yang lalu.Burning video juga di fungsikan sebagai backup data video yang kita miliki.Pada saat di burning kita juga membuat duplikatnya.Nah ,duplikatnya ini yang kita simpan atau sebaliknya.Tapi saya sarankan untuk yang sering di play/putar pada media player sebaiknya yang duplikatnya /copy.Tujuannya agar jika rusak atau tergores masih ada yang master/aslinya.Jika yang asli/master masih ada kita bisa melakukan duplikatnya lagi dengan cara copy CD.
  Selain diedit sebelum di burning sebaiknya file aslinya juga di copy file dalam bentuk soft file jika bisa di lakukan.Karena bisa jadi kita masih ingin mengedit videonya kembali sesuai selera yang lain.Bisa juga jika ada yang mau latihan edit bisa mengunakan soft file tersebut.Jika kita mempunyai usaha video,usaha kursus/training video file tersebut bisa di gunakan untuk latihan editing.
 Untuk memulai melakukan proses burning video ke dalam media seperti CD,CD-R,CD-RW,DVD,DVD-R,DVD-RW,DVD Double Layer/Dual Layer dan lain-lain pelu di periksa dahulu kelengkapan alatnya.Alat yang di perlukan antara lain :
1.Komputer.
Spec komputer yang di syarankan minimum Windows XP atau 2000.minimum Memory 512 MB harddisk minimum 20.GB.
2.CD/DVD yang masih Kosong/Blank.
 Macam dan mereknya untuk Jenis CD /DVD banyak.Bisa pilih sesuai keinginan dan harga yang terjangkau.
2.CD Writer.
Bisa memakai berbagai macam merek.Namun pakilah yang bagus.Spec CD writer bisa memakai CD-RW,CD Combo,DVD-RW ,CD-RW Double Layer atau yang sejemnisnya.Untuk Penggunaan CD-RW dan CD Combo hanya bisa di gunakan untuk Burning CD-R dan CD-RW.Sedangkan DVD-RW/Double Layer  bisa di gunakan untuk burning CD-R,CD-RW Dan DVD-R atau DVD-RW.

3.Install Software Burning.
  Ada banyak software untuk Burning.Bisa menggunakan Nerro,atau yang lain.Untuk bawaan dari windows bisa di gunakan.Tapi hanya sekedar memindahkan file dan memberikan nama file.Tidak ada pilihan yang lain untuk setting fiture dan pengisian lagu.Sedangkan software bisa seperti Nero Esential dan lain lain.Nero juga banyak versinya.Pakailah versi yang terbaru untuk kepuasan fiture dan fasilitasnya serta compatible dengan media player saat ini.

Untuk melakukan proses burning sangat mudah.Caranya berikut ini:
1.Siapkan CD/DVD yang masih blank/Kosong(Belum pernah di pakai).

2.Masukkan CD/DVD kosong ke dalam CD writer.

3.Siapkan video yang akan di burning yang tersimpan di komputer atau media lain yang terhubung dengan Komputer.
4.Open Software Burning yang telah di install di komputer.Misalnya Nero.Perhatikan gambar berikut ini.
5.Pilih Foto dan Video.Perhatikan Gabar Berikut ini.

6.Pilih sesuai kemauan kita misalnya Make Video CD atau Make Video DVD.
Pilih salah satu dari menu yang di tawarkan.Misalnya kita pilih Make Video CD.Klik Make Video CD maka akan muncul seperti gambar seperti di bawah ini.
 7.Klik Add Video File.
Maka akan diminta sumber/alamat Video  file di simpan.Arahkan ke Video file yang akan di burning.Perhatikan gambar berikut ini.
 8.Masukkan beberapa video yang akan di burning.
Besarnya file sesuaikan dengan capasitas CD/DVD.Jika File terlalu besar,sebaiknya di edit lagi .Dengan cara di cut/splite sesuai besarnya media CD atau DVD.Besarnya kapasitas CD biasanya lebih rendah dari 700~800 MB misalnya 700 MB.Lebih baik besarnya File kurang dari 700MB.Sedangkan kapasitas 2.4 GB.Lerbih besar dari CD.Jika tidak muat jangan dipaksakan.File yang lain masukkan di burning CD/DVD berikutnya.
 9.Klik Next.
Maka akan tampil untuk pembuatan menu untuk tampilan pertama kali saat di play/putar di media player.Disana bisa di atur posisinya ,Background,serta judul dan nama file video.Di Menu ini sekalian bisa di tambahkan lagu untuk bisa berbunyi terus di media player sebelum user menyentuh remote atau tombol dan selama user memilih file video yang akan di putar.Perhatikan gambar di bawah ini.
10.Klik Next.
Setelah Next di klik maka akan muncul halaman preview.untuk hasil editan di nero sebelum file video di burning.Di halaman ini juga bisa di test remote dengan gambar remote yang ada di samping kanan.Persis seperti remote beneran..lho..!.Nanti silahkan di coba sendiri.Perhatikan gambar di bawah ini.
 11.Klik Next.
Maka akan muncul menu seperti gambar berikut ini.Ini Menunjukkan bahwa semua setting tampilan dan video yang akan di burning telah lengkap.
12.Klik Burn.
Setelah Anda mengklik tombol Burn maka akan jalan proses Burningnya sambil di tampilkan progress dan gambar yang berjalan.Selama proses sedang berjalan/progress berlangsung jangan tekan tombol abort atau ESC.Jika di sentuh maka proses burning akan gagal.lihat Gambar berikut ini.
Dan jika di tekan tombol Abort atau Esc maka akan muncul gambar seperti berikut ini.
13.Setelah selesai maka akan di bertahukan dengan kata "Burn Proces Complete succesfully at 24x".CD tidak otomatis keluar sebelum kita tekan tombol OK.Dan jika burning lebih dari maka setelah selesai burning secara otomatis akan keluar dan di minta CD berikut untuk di masukkan.Lihat gambar berikut ini.
Demikianlah Bara Burning Video sudah selesai.Hasilnya bisa di test play di computer,DVD atau VCD atau media yang lain.

Untuk mempercantik penampilan hasil CD/DVD yang kita burning sebaiknya di buatkan label dengan program nero ini juga.Berikan juga Case DVD atau CD agar aman saat di simpan.Hasil pembuatan label seperti gambar berikut ini.


Selamat mencoba semoga berhasil dan paham dengan materi yang saya sampaikan.



Artikel Terkait

0 Comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...